Jl. Bougenville No.5, Masale Kota Makassar (0411) 441077 [email protected]
img
Berita

Detail Berita

img

DPMPTSP Sulsel terima Kunjungan Kerja DPRD Polman

MAKASSAR — Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Sulawesi Selatan menerima kunjungan kerja DPRD Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Jumat (25 Juni 2021). 

Kunker yang dipimpin Ketua Komisi 2, Rahmadi Anwar ini bermaksud menggali kontribusi perizinan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Rombongan dari Badan Anggaran DPRD Kabupaten Polman itu diterima oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal, Hj. Megawati, SE.,MM, di ruang rapat, Lt. 3 kantor DPMPTSP Provinsi Sulsel.  

Megawati yang mendapat titah Kadis DPMPTSP mengantar diskusi ini pun merespon pertanyaan soal kontribusi perizinan terhadap PAD sulsel. 

Mega, demikian sapaan ibu dua anak ini, menjelaskan hubungan kausalitas antara perizinan, pertumbuhan ekonomi, dan PAD. 

Menurutnya, tumbuh baiknya sektor perizinan berimplikasi linear pada peningkatan realisasi investasi, perbaikan ekonomi, dan perolehan PAD. 

"Membaiknya  iklim investasi akan memacu terbukanya  lapangan kerja dan menekan angka pengangguran. Dan Secara positif berpengaruh pada membaiknya pertumbuhan ekonomi yang bermuara pada peningkatan PAD,” paparnya.

Pada kesempatan ini, Mega turut memperkenalkan dua inovasi pelayanan yang menjadi program popular perizinan. Inovasi pertama adalah Sistem Izin Penelitian Online Campus (Neni Si Linca). Inovasi ini dirancang berbasis online untuk memangkas birokrasi, meretas biaya dan menekan penyebaran covid-19. 

"Dengan sistem ini, izin terbit hanya lima menit dan biaya 0 rupiah,” tegasnya.

Lalu inovasi kedua bernama Gesit-19 (Gerai Perizinan Sektor Perikanan dan Kel autan). Inovasi dengan sistem integrasi digital antara DPMPTSP Kab/Kota dan DPMPTSP Provinsi Sulsel ini bekerja kurang lebih 19 menit untuk menerbitkan izin pelaku usaha sektor perikanan di daerah. 

Inovasi tersebut baru saja dinobatkan sebagai finalis top 99 oleh Kemenpan RB dan akan bersaing dengan finalis lainnya untuk menduduki posisi puncak.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan ini, mega didampingi Kepala Seksi Regulasi, Masdaidi; Kepala Seksi Perencanaan dan Sistem Informasi, Abdul Rasyid; dan Plt. Kasie Pemberdayaan Usaha Daerah, Nirmalasari Haya. 

Sementara itu rombongan Banggar DPRD Kabupaten Polman memboyong 6 orang peserta. Dua di antaranya merupakan unsur sekretariat dewan dan empat lainnya adalah anggota komisi 2.

img

Butuh Bantuan?

Memiliki pertanyaan mengenai terkait detail Perizinan di Sulawesi Selatan ?

Hubungi Kami
"SELAMAT DATANG"  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Provinsi Sulawesi Selatan,  Jam Pelayanan Perizinan :  Hari  Senin sampai dengan Kamis Pukul 08:00 WITA  d/d 16.00 WITA  dan Hari Jum\'at Pukul 09:00 s/d 15:30 Wita, DPMPTSP  dengan alamat "Jalan Bougenville No.5 Makassar".  CP. dan email :  [email protected], [email protected][email protected], Nirmalasarihaya @gmail.com
docx file PDF